daftar istilah dalam kitab Minhajut thalibin

kitab minhajut thalibin karangan imam nawawi merupakan ringkasan kitab muharrar karangan imam rafi'i, di dalam kitab ini imam nawawi mempunyai beberapa istilah yang sepatutnya kita ketahui.

Daftar Istilah :

1. alazhar ( الأظهر ) : merupakan pendapat imam syafi'i yang menandakan kuatnya lawan dari pada pendapat tersebut.


2. almahur ( المشهور ) : merupakan pendapat imam syafi'i yang menandakan dha'ifnya lawan dari pada pendapat tersebut.


3. alasah ( الأصح ) : merupakan pendapat para sahabat imam syafi'i yang mengeluarkan pendapatnya berdasarkan fatwa imam syafi'i, istilah ini menandakan bahwa kuatnya lawan dari pada pendapat tersebut.


4. alsahih ( الصحيح ) : merupakan pendapat para sahabat imam syafi'i yang mengeluarkan pendapatnya berdasarkan fatwa imam syafi'i, istilah ini menandakan bahwa dha'ifnya lawan dari pada pendapat tersebut.


5. almazhab ( المذهب ) : berbedanya pendapat sahabat dalam menghikayah pendapat imam atau pendapat sahabat sebelumnya, sebahagian mereka mengatakan imam mengeluarkan dua pendapat pada suatu masalah, atau sahabat sebelumnya mengeluarkan dua pendapat pada suatu masalah, dan sebahagian lagi mengatakan hanya ada satu pendapat imam tentang masalah tersebut, atau hanya ada satu pendapat sahabat tentang masalah tersebut, yang kuat dari khilafiah tersebut imam nawawi memberi tanda dengan istilahالمذهب


6. alnas ( النص ) : merupakan pendapat imam syafi'i yang lawan pendapat tersebut sangat dha'if.


7. aljadid ( الجديد ) : merupakan pendapat imam syafi'i waktu beliau berada di irak, lawan pendapat tersebut adalah alkadim القديم


8. alkadim ( القديم ) : merupakan pendapat imam syafi'i waktu beliau berada di mesir, lawan pendapat tersebut adalah الجديد ,kita harus beramal dengan pendapat ini kecuali pada beberapa masalah yang di khususkan untuk beramal dengan pendapat kadim.


9. kila kaza ( قيل كذا ) : merupakan pendapat dha'if yang lawannya sahih الصحيح ataupun asah الأصح .

0 Responses to "daftar istilah dalam kitab Minhajut thalibin"

Post a Comment